Sabtu, 10 Maret 2012

P3K KOI ( pengobatan, penyembuhan , pencegahan) - PART 2

KOI HERPES VIRUS

penyebab : Carp Gill Necrosis Virus

Perilaku :

-megap-megap di permukaan air
- tidak nafsu makan
-Lesu
-diam di dasar kolam

Permukaan badan :

- Lendir yang berlebih
- kulit kasar
- radang dan iritasi pada kulit
- kulit berdarah
- bintik merah pada kulit
- lendir mengucur
- kulit tampak terbakar
- organisme berwarna putih di permukaan badan
- bengkak pada kulit

Sirip :

- sirip berlubang

insang :

- filamen insang melebur

Pengobatan :

- naikan temperatur air kolam 30 derajat celcius selama sebulan untuk menekan virus ketika ikan membentuk antibodi nya sendiri

- Beri vitamin dan suplemen untuk koi

Pencegahan :

- lakukan karantina selama sebulan untuk ikan baru dengan temperatur tinggi 30 derajat celsius
- ambil tes darah pada koi baru
-lakukan vaksinasi pada ikan (sudah tersedia di vaksinnya..namanya
- jaga parameter air
- beri pakan, vitamin serta suplemen bagus pada koi

penanganan herpes khusus untuk breeder, bisa lihat di link dibawah sini :

http://www.kaskus.us/showthread.php?...108773&page=51

penyakit insang :

tingkat kematian hampir sama dengan virus. dari 100ekor sisa +-5ekor.

Kebanyakan penyakit insang terjadi dikarenakan keadaan lingkungan yang buruk seperti :

1. Iritasi yang disebabkan bahan kimia seperti amonia, nitrit, atau pH yang tinggi.
2. Parasit yang berlebihan seperti Trichodina, Chilodonella, Costia.
3. Banyaknya bahan - bahan organik padat yang terlarut.
4. Oksigen yang rendah atau kepadatan yang tinggi ( overcrowded ).

Tanda -tanda awal penyakit pada insang ikan adalah :

1. Ikan kesulitan bernapas. Kita bisa mengetahuinya dengan melihat pergerakan insang dan membandingkannya dengan ikan yang lain.
2. Ikan berdiam diri di dasar kolam dalam waktu yang lama, lemas dan tidak mau makan.
3. Ikan hanya menggunakan satu sirip untuk berenang.
4. Terkadang ikan tidak dapat menutup insang dengan sempurna.
5. Ikan yang terkena penyakit cenderung menyendiri dan dekat dengan permukaan air.
6. Ikan menjadi tersiksa karena keluarnya lendir dari insang.
7. Untuk tingkat lanjut dan biasanya terlambat untuk ditangani adalah saat ikan menggelepar di dasar kolam dan sirip bergerak lemah dan menunggu ajal menjemput.

PENCEGAHAN

1. Manajemen kualitas air yang baik akan menghindarkan dari kemungkian penyakit yang sering menjangkiti ikan.

2. Jika ditengarai ada gejala pada insang, dilihat apakah menimpa satu ikan atau beberapa ikan? Jika dalam jumlah banyak, hal ini menunjukkan ada yang tidak beres dengan lingkungannya.

3. Cek air untuk kandungan amonia, nitrit, pH, dan kapan terakhir sistem air dibersihkan. Jika beberapa ikan terjangkiti, maka sistem air harus dibersihkan dan diganti airnya sebagian, berkisar antara 50-75%.

4. Teliti apakah ada parasit pada tubuh ikan.

5. Lakukan treatment dengan salt bathing selama dua hari. Hal ini bisa menghindari keluarnya lendir dan serangan parasit.

6. Jika dengan salt bathing gagal, maka kita harus melihat kondisi ikan lebih lanjut. Jika ternyata terlihat adanya serangan parasit yang parah, maka kombinasikan salt bathing dengan obat Chloramine-T dan Benzalkonium perlu dilakukan. Lakukan di bak terpisah, jangan di kolam. Hal ini dapat membantu mengatasi masalah pada insang sehingga penyakit tidak semakin parah.

7. Potasium Permanganate ( bubuk PK ) dapat digunakan. Seringkali bubuk PK dapat membunuh parasit. Treatment ini akan menurunkan jumlah parasit dan bakteri serta dapat menurunkan bahan bahan oragnik terlarut. Hal yang harus diingat adalah jangan terlalu berlebihan memberikan bubuk PK karena ditengarai, bahan permanganat tersebut akan membentuk mangan dioksida di dalam insang dan dapat menimbulkan masalah pada pernapasan insang ikan.

8. Untuk penyakit yang sudah parah, sebaiknya menggunakan campuran antara chloramine-T dan Benzalkonium Chloride bersama-sama dengan antibiotik. Lakukan treatment ini secara intensif sampai ikan sembuh dari penyakit.

AEROMONAS,BLOOD STREAKS

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Aeromonas hyrophilia, biasanya penyakit ini terjadi bersamaan dengan blood streaks,fin rot,tail rot biasa timbul karena lingkungan hidup yang kurang baik.
Pengobatan untuk penyakit ini gampang – gampang susah karena memerlukan tingkat kesabaran yang tinggi. Pengobatan secara instant dapat juga dilakukan namun biasanya akan timbul kembali dalam beberapa waktu singkat,ikan mati satu persatu.
Sangat dianjurkan untuk melakukan pengobatan secara tuntas hingga tidak merepotkan dan menghindari kemungkinan terburuk kematian massal.

Pencegahan :
Hindari ikan dari ikan lain yang terjangkit.
Perawatan kolam dan filtrasi secara berkala menurut kemampuan kapasitas filtrasi.

Tanda – tanda
Pada awalnya sirip atau ekor terlihat suram kemudian membusuk dan menimbulkan bekas luka seperti berdarah kemudian meyebar keseluruh tubuh, bila sudah parah akan menyerang tubuh ikan sehinnga tubuh ikan seperti memerah seperti terlihat pembuluh darahnya atau seperti lebam bekas luka terpukul.

Pengobatan :
Pada kasus awal dapat menggunakan GESUND blue magic dicamur dengan GESUND safe

Untuk kasus parah dapat di treatment dengan GESUN BL 250 diwadah tersendiri kemudian dimasukkan dalam wadah lain yang sudah disiapkan dengan campuran GESUNND blue magic , dengan ½ dosis anjuran.

Untuk kasus berat sebaiknya menaikan suhu air ke tingkat 28-30 C, setelah tanda fisik sembuh suhu di turunkan perlahan hingga mencapai suhu ruang, dan pengobatan tetap di lanjutakan, hal ini berguna untuk menonaktifkan bakteri sehingga sakit ikan berkurang, namun bakteri belum musnah.
Setelah mencapai suhu ruang pengobatan dilanjutkan 2-5 hari sesuai kebutuhan untuk benar-benar memusnahkan bakteri yang ada.

BERBAGAI KUTU, KUTU JARUM,PARASIT LAIN- FISH LICE

Tanda – tanda :
Terlihat ada binatang bulat berwarna bening menempel pada badan dan sirip ikan ( kutu )
Ada semacam jarum menancap pada sirip atau badan koi ( kutu jarum, anchor worm )
Tampak jamur bergerombol menempel pada ikan ( hexamita )

Ikan biasa nya sering flashing, melompat, atau menggesekkan badannya pada dinding.

Pengobatan : GESUND magic parasite

MATA BENGKAK & MATA BERKABUT (POPPING EYE & CLOUDY EYE)

Mata bengkak sebenarnya tidak berbahaya namun akan merusak keindahan ikan hias

Tanda – tanda ;
Mata ikan membengkak seperti hendak keluar

Pengobatan :
GESUND BL 250 sesuai cara pemakaian dan pemberian gesun biotika setelah pengobatan selesai.

BINTIL / CACAR / JERAWAT

Penyakit ini biasa menyerang pada bagian sisik ikan, yang di timbulkan sejenis cacing yg hidup dibawah sisik ikan.

Tanda – tanda :
Ada bintil berwarna merah di sisik ikan meyerupai bintil – cacar atau jerawat, bila di congkel ada semacam cacing kecil didalamnya.

Pengobatan :
GESUND magic parasite sesuai dosis anjuran.

INTERNAL INFEKSI

Dari berbagai penyakit yang biasa menyerang ikan hias, internal infeksi merupakan penyakit yang paling menakutkan, bukan karena sulitnya penyembuhan melaikan karena sulitnya untuk pendeteksian secara dini sehingga dapat segera di obati, seringkali kita tidak dapat mengetahui kalau ikan sakit. Hal ini sering terjadi pada ikan ukuran hias kecil.
Yang cukup mudah di deteksi adalah untuk jenis ikan koi, biasa ikan diam menyendiri dan berpisah dari kelompok namun tidak terlihat tanda – tanda secara fisik kalau ikan sakit.

Tanda – tanda :
Secara fisik tidak ada tanda – tanda, biasanya ikan renang timbul tenggelam, kehilangan keseimbangan, dan tidak mampu berenang secara normal.

Pengobatan :
Perendaman ikan hias dengan menggunakan GESUND BL 250, selama 45-60 menit dalam wadah tersendiri ( atau sesuai petunjuk kemasan ), lakukan setiap hari selama 5 - 7 hari atau menurut kebutuhan hingga ikan terlihat lincah.
Pemberiaan Gesund safe pada wadah karantina sangat dianjurkan, setelah proses pengobatan gunakan Gesund Biotika untuk memulihkan system pencernaan.

Atau agar pengobatan cepat dengan mencampurkan GESUND BL 250 ke makanan ikan dengan dosis 50-75 mg / kg berat badan / hari selama 3-5 hari berturut – turut. Sangat dianjurkan untuk menambahkan madu atau gula pada pengobatan untuk ikan koi, agar tidak trauma terhadap makanan.

Untuk kasus infeksi ringan / infeksi dini pengobatan cukup dengan menggunakan GESUND blue magic

BADAN KOI BENGKOK

1. Kesetrum: biasanya karena bocornya arus listrik pada salah satu kabel pompa atau dalam kejadian langka kolam berada dekat pada kabel penangkal petir. Hati2 jika mengangkat pompa ke atas jangan ditarik kabelnya, sambungan kabel pada pompa bisa terbuka yang otomatis menyebabkan kesetrum.

2. Over dosis pengobatan: pemberian beberapa jenis antibiotik secara berlebihan tanpa memperhitungkan dosis kadang2 memberikan akibat seperti badan yg bengkok.

3. Serangan virus dan bakteri: ada beberapa jenis bakteri dan virus yang ganas yang mampu membunuh koi, tapi jika diobati sembuh dengan kondisi badan bengkok.


4.koi bengkok karena di taro di tempat yang tidak sesuai dengan ukuran size badan koi...

Dari kesemua kasus badan bengkok tidak ada penyembuhannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar